Para Ilmuwan Bersaing Membuat Mesin dari Organisme

Nuansa Polnes/LONDON - Ilmuwan di seluruh dunia berlomba dalam kompetisi membuat mesin terbaik dengan memanfaatkan bagian tubuh organisme.

Seperti yang dilansir dari Telegraph, Kamis (16/4/2009), lebih dari 100 ilmuwan laboratorium genetik akan bersaing menggunakan komponen mikroskopik yang terdapat dalam sel biologis makhluk hidup. Kompetisi ilmiah keenam ini diharapkan dapat menelurkan teknologi bermanfaat yang dihasilkan dari struktur alami makhluk hidup.

"Misi kami adalah mencari tahu bahwa kita dapat menggunakan struktur biologis untuk menghasilkan sesuatu dan mengoperasikannya. Sebagian besar orang mengatakan hal ini mustahil dan terlalu kompleks. Namun setiap tahun kami memiliki data sistem yang memperlihatkan bahwa hal ini bisa diwujudkan," ujar Meagan Lizarazo dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston.

Kompetisi ini akan dimulai pada bulan Juni. Sebagian besar peserta kompetisi adalah mahasiswa dan mereka akan menghabiskan waktu selama tiga bulan. Dalam jangka waktu tersebut mereka diharuskan merancang komponen yang berasal dari MIT's registry yang terdiri dari 3.200 suku cadang biologis.

Salah satu advokat teknologi yang turut menggiatkan acara ini adalah ilmuwan sekaligus wirausahawan Amerika, Craig Venter. Dia berharap kompetisi ini juga dapat menghasilkan hidrogen bagi kendaraan ramah lingkungan dan menciptakan teknolgi ilmu pengetahuan yang baru.

Bagaimanapun, timbul protes dari beberapa pihak menanggapi kompetisi ini. Mereka mengkhawatirkan para ilmuwan akan menghasilkan organisme baru yang berbahaya.

Mereka juga memperkirakan bahwa teknologi ini bisa saja disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab seperti teroris. Mungkin saja orang-orang itu menghidupkan kembali virus lama atau bisa jadi lebih berbahaya dan mematikan. (srn)

kikin

Sumber: okezone