Berdansa Membuat Anda Jadi Lebih Muda

Nuansa Polnes/LONDON: Khawatir ketika mulai memasuki usia senja? Berdansalah, maka Anda akan merasa bahagia dan seperti muda kembali.


Ini bukan sekedar cerita dongeng, namun telah dibuktikan oleh riset yang dilakukan di Queen's University Belfast. Para peneliti menemukan bahwa berdansa dapat memberikan efek yang baik bagi para manula. Hal ini karena gerakan dansa dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan psikologis serta memperlambat proses penuaan.

"Berdansa dapat menggiring seseorang ke dalam memori tentang masa lalu, sekarang dan masa depan, ini bisa menjadi terapi bagi para manula saat mulai memasuki usia senja," ujar Dr Jonathan Skinner seperti yang dilansir dari Times of India, Minggu (12/4/2009).

Berdansa memberikan kenyamanan dan membuat seseorang fokus terhadap dirinya sendiri. Gerakan dansa menghindari terjadinya isolasi sosial dan membantu menyembuhkan rasa sakit dan nyeri berhubungan dengan proses penuaan.

"Selain itu, seseorang menjadi lebih luwes dalam bergaul karena dengan berdansa kita dibawa kepada suasana kebersamaan dalam suatu komunitas yang solid, toleran dan pengertian," ujar Skinner.

Para peneliti mendapatkan kesimpulan ini setelah melakukan survei terhadap para manula Irlandia Utara serta di daerah Blackpool dan Sacramento, Amerika Serikat. (srn)

kikin

Sumber: Okezone