Gamer Wanita Dominasi Game PC

Nuansa Polnes/SAN FRANSISCO: Semakin banyak orang tertarik untuk bermain game. Namun tahukah anda, ternyata dunia game tidak lagi milik laki-laki.

Dikutip melalui Softpedia, Sabtu (11/4/2009), perusahaan riset Nielsen menemukan, saat ini sekira 50 persen dari para pemain game (gamer) adalah wanita berusia di atas 25 tahun. Namun angka ini kebanyakan terjadi pada para pemain game PC dengan game yang paling banyak dimainkan adalah Solitaire. Hal ini dikarenakan Solitaire telah dibenamkan di seluruh PC yang tersebar di dunia, dengan tidak mengenal jenis sistem operasi apapun.

"Pada bulan Desember 2008 saja, terdapat sekira 17 juta orang bermain Solitaire. Setengah dari angka ini dikontribusi oleh para wanita," ujar pihak Nielsen. �

Sedangkan game konsol seperti PlayStation 3 dan Xbox 360 digolongkan sebagai game dengan platform yang lebih ekstrim sehingga kebanyakan gamer yang bermain game di perangkat ini adalah para pria.

Nielsen juga memasukkan istilah 'Light Watcher' untuk para gamer yang suka bermain game di PC, sedangkan untuk mereka yang suka bermain game di perangkat konsol seperti PS dan Xbox, Nielsen memberikan istilah 'Heavy Watcher'.

Ditambahkan oleh Nielsen, aktif gamer dikontribusi oleh remaja berusia 12 hingga 17 tahun dengan rata-rata pendapatan orang tua sekira USD75.000 per tahun. Hal ini pula yang menyebabkan industri video game mampu bertahan dari resesi ekonomi global. (srn)

kikin

Sumber: okezone