Ilmuwan Temukan Ganggang "Menari"

Nuansa Polnes/LONDON - Ganggang air tawar senang membentuk kelompok. Ajaibnya, jika dianalisa mereka bergerak membentuk tarian indah ketika saling mengitari sesama komunitasnya. Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti dari Cambridge University.

Seperti yang dilansir oleh Times of India, Kamis (23/4/2009), ilmuwan telah mempelajari organisme multiseluler pada ganggang yang bernama Volvox. Organisme ini berisi sekira 1.000 sel yang tersusun pada permukaan matrik berbentuk bola berdiameter setengah milimeter.

Setiap sel pada permukaan memiliki dua helai rambut yang dikenal sebagai flagella. Rambut inilah yang menghantam koloni dalam air secara serempak sehingga membuat ganggang dapat berputar mengitari poros tertentu dan terlihat seperti gerak tari yang indah.

Peneliti mengelompokkan ganggang berdasarkan bentuk gerak tari yang dihasikannya. Kelompok ganggang pertama dinamakan "waltz", dimana dua orbit koloni ganggang saling mengitari satu sama lain bagaikan planet mengelilingi matahari.

Kelompok lainnya disebut dengan "minuet", kelompok ganggang ini berayun-ayun seperti karet elsatis.

Para ilmuwan kemudian mengembangkan analisa matematika untuk merepresentasikan pola tarian ini. Observasi ini merupakan visualisasi pertama yang memperlihatkan gerakan ganggang secara langsung dan diperkirakan akan menarik perhatian banyak orang.
(srn)

kikin

Sumber: okezone