Dell Rilis 14 Produk Server & Storage Murah

Nuansa Polnes/SAN FRANCISCO: Dell Inc memperkenalkan 14 produk server dan media penyimpanan (storage) yang ditujukan bagi perusahaan dengan anggaran yang ketat. Dell berharap dapat memenangkan pasar yang kian sengit.

(city-data.com



Produk-produk baru itu termasuk server PowerEdge dan workstation yang berbasis prosesor Nehalem buatan Intel Corp. Selain itu juga storage EquaLogic dan peranti lunak yang didesain untuk mempermudah manajemen IT dalam satu konsol. Rencananya, server akan mulai dipasarkan pada Senin pekan mendatang, saat Intel secara resmi mengumumkan Nehalem.

Sebagai pembeda, Dell mengklaim portofolio dari 14 produk baru itu didesain untuk menghemat waktu dan uang perusahaan melalui peningkatan efisiensi, adopsi infrastruktur standar terbuka, dan teknologi virtualisasi.

Pengumuman dilakukan Dell di tengah memanasnya pasar server dalam beberapa pekan ini, dengan masuknya produsen peranti jaringan Cisco Systems Inc dan adanya pembicaraan merger antara IBM, sebagai pemimpin pasar, dan Sun Microsystem Inc.

"Kami pikir dengan menyederhanakan IT dan mengefisienkan pusat data, akan membantu konsumen untuk menghemat biaya sehingga mereka akhirnya dapat memenangkan persaingan," kata Steve Schuckenbrock, salah satu petinggi Dell, dikutip dari Reuters, Rabu (25/3/2009).

Para analis industri merespons positif produk-produk baru Dell tersebut. "Ketika fokus Dell adalah mencoba menunjukkan kepada konsumen cara untuk menghemat uang, jadi para konsumen dapat menghemat sumber daya untuk diinvestasikan di aplikasi baru. Saya pikir secara keseluruhan ini adalah strategi yang bagus di tahun 2009," ujar analis IDC Matt Eastwood.

Saat ini Dell menempati posisi kedua sebagai produsen server komputer x86, yang merupakan server kelas bawah-menengah. Secara keseluruhan, perusahaan ini menempati nomor urut ketiga dalam pasar server dunia, di belakang IBM dan Hewlett-Packard Co (HP).

Asal tahu saja, rencana merger IBM dan Sun akan memberikan ancaman bagi HP di pasar server Unix, yang tidak dimainkan Dell. Namun analis mengatakan, Dell dapat menghadapi persoalan dalam jangka panjang jika kompetitornya menawarkan software dan layanan yang lebih komprehensif.

Produk server dan jaringan memberikan kontribusi 10 persen terhadap pendapatan Dell pada tahun fiskal 2009. Sementara layanan memberikan kontribusi 9 persen dan produk storage 4 persen. Adapun produk personal computer memberikan kontribusi 60 persen. (jri)kinkinsr

Sumber: okezone